Minggu, 10 Oktober 2010

RENCANA MUTU PEMBELAJARAN KEP. ANAK

RENCANA MUTU PEMBELAJARAN



I.                 Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu mengidentifikasi asuhan keperawatan pada bayi/anak dengangangguan sistem Hematologi


II.              Kompetensi  Dasar
Mahasiswa mampu memberikan  asuhan keperawatan pada bayi/anak denganganguan sistem hematologi


III.            INDIKATOR
            Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1.    Menjelaskan cara melakukan pengkajian pada bayi dengan ganguan sistemhematologi
2.    Membuat diagnosa keperawatan pada bayi dengan ganguan sistem hematologi
3.    Menjelaskan rencana tindakan keperawatan pada bayi dengan ganguan sistemhematologi
4.    Menyimpulkan evaluasi asuhan keperawatan pada bayi dengan ganguan sistemhematologi
5.    Mencatat dokumentasi asuhan keperawatan pada bayi dengan ganguan sistemhematologi


IV.           Materi Ajar
Gangguan Sistem Hematologi :
1.    Thalasemia
2.    Hemofilia
3.    Leukemia
4.    Anemia


V.              Metode / Strategi Perkuliahan              :              Diskusi Kelompok



VI.      Tahap Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal

1.    Dosen membuka pelajaran dengan membaca “Basmallah”

2.    Rivieu singkat materi pada tatap muka sebelumnya dan memberi kesempatan bertanya pada mahasiswa kalau ada yang belum dimengerti tentang materi terdahulu

3.    Menjelaskan tentang konsep gangguan sistem Hematologi

B.    Kegiatan Inti
1.     Dosen membagi mahasiswa menjadi delapan kelompok
2.     Masing-masing kelompok diminta mendiskusikan materi yang telah ditentukan dosen
3.     Mahasiswa membuat laporan hasil diskusi kelompok
4.     Masing-masing kelompok presentasi dalam diskusi kelas
5.     Dosen memberi komentar dan arahan hasil diskusi
C.    Kegiatan Akhir
1.         Dosen membuat rangkuman hasil diskusi
2.         Menutup perkuliahan dengan membaca “Hamdallah”


VII.     Alat / Bahan / Sumber Belajar
A.                                                 Alat / Media                                          :   LCD, Laptop

B.                                                 Bahan / Sumber Belajar          :
-   Ngastiyah, 1997, Perawatan Anak Sakit, EGC, Jakarta.
-   FKUI, 1997, Ilmu Kesehatan AnakJakarta, EGC.
-  Whaley,L.F.,Wong,D.L. 2004, Nursing Care Of Infants and Children  St.Louis     : Mosby Year Book


VIII.      Penilaian
A.  Tehnik dan Instrumen Penilaian
      1.   Hasil diskusi / makalah
      2.   Keaktifan dalam diskusi
      3.   Portofolio diikuti presentasi kelompok

B.   Tes essay Ujian tulis

C.  Kriteria Penilaian   :             
2Pt + 2Ps + 3 UTS + 3 UAS    =   NA
10

Ket  :    Pt       =   Portofolio                                           
Ps       =   Proses / partisipasi dikelas
            UTS    =  Ujian tengan semester                 
UAS   =   Ujian akhir semester
                         NA    =   Nilai Akhirhnik dan Instrumen Penilaian





Rencana Mutu Pembelajaran S1 Keperawatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar